Outline 6 langkah tersebut adalah:
- Keyword Research: Analisa bentuk pemasaran produk anda, cari potential customer insight yang cocok dan mudah
- Write content for human reader: Manusia adlh target utama website anda so jangan kecewakan visitor anda dg konten yg tidak relevan
- Mild re-write for the search engine robots: Poles konten anda agar dikenali oleh search engine sehingga dapat dg jelas hasil keyword yg anda inginkan
- Place your pages out for indexing: Pastikan semua unsur elemen web/pages anda terindeks di google
- Monitor and benchmark progress: Pantau kondisi website anda dan temukan feedback atau insight lain
- Work in ranges of pages: Bekerja dalam banyak halaman itu menyenangkan karena anda akan mudah menjaring pelanggan melalui longtail keyword hingga root keyword
- Konsep KEI, Keyword Effectiveness Index
- Semakin tinggi nilai KEI, kesempatan untuk terlihat di SERP semakin besar
- Memilih kata kunci dimana penggunaannya tinggi tetapi rendah kompetisinya
- Memilih topik performa tinggi yang digunakan untuk spesifik audiens atau pasar tertarget
- Mencari kata kunci salah eja (misspellss atau typo error)
Membangun konten yang mudah diindeks oleh mesin cari adalah sangat penting untuk langkah pemasaran kita. Konsep dasar SEO-Google secara bahasa manusia menurut Matt Cutts:
There’s SEO and there’s QUALITY and there’s also finding the hook or angle that captivates a visitor and gets word-of-mouth or return visits. First I’d work on QUALITY. Then there’s factual SEO. Things like: are all of my pages reachable with a text browser from a root page without going through exotic stuff. Or having a site map on your site. After you’re site is crawlable, then I’d work on the HOOK that makes your site interesting/useful.Fokuskan konten anda pada pembeli potensial produk anda. Buat satu frase kata kunci per halaman. Tampilkan nomor kontak, email atau semua hal yang mempermudah pengunjung untuk menghubungi anda termasuk di dalamnya adalah nomor telpon, fax atau bahkan newsletter.
- Buat konten grafis secara minimum
- Baca salinan konten dengan keras (penting)
- Gunakan kata-kata menarik
- Hindari paragraf panjang - paragraf pendek bekerja lebih baik
- Memungkinkan banyak ruang putih dari background website Anda
- Terus menambahkan halaman baru secara terus menerus
- Pengunjung Anda senang konten SEGAR
- Pengunjung Anda senang konten BARU
- Berikan pengunjung Anda dan mesin cari, alasan untuk mengunjungi situs Anda lagi dan lagi
- Pastikan informasi Anda yang paling penting berada "di atas flip"
UGC adalah konten dimana anda tidak perlu membuatnya sendiri. Blog dan Forum adalah contoh-contoh UGC. Keuntungan dari UGC adalah mengikutsertakan pembaca anda dalam website dengan menyediakan kesempatan bagi mereka menyumbang konten.
Dimana kita menempatkan kata kunci dalam sebuah halaman web?
- The Title tag
- META Description
- META Keyword
- Main Navigation
- H1 – H5
- The Link text
- The Body text
- Page Name
- Name of a sub directory
- Domain Name
- Incoming link text from another site
Alasan kita menulis untuk pembaca manusia terlebih dahulu adalah agar kita dapat fokus pada membuat konten berkualitas tinggi. Konten berguna yang dapat dibaca dengan baik dan berisi nilai-nilai yang dibutuhkan oleh target pasar Anda.
Langkah berikutnya adalah memolesnya dengan menambahkan hal-hal yang dapat diidentifikasi oleh mesin cari. Penebalan, memiringkan, membuat garis bawah, internal link dan lain sebagainya yang diperlukan untuk penitikberatan kepada search engine pada penekanan kata kunci yang kita inginkan. Hal ini sangat mempermudah pekerjaan anda dalam mengoptimasi bukan?