Hari III

Di hari ketiga ini kita belajar mendalami riset kata kunci (keyword research). Pelajaran berikutnya adalah bagaimana kita mempelajari berbagai macam perilaku pencarian (search behaviors) untuk mendapatkan potensi-potensi pasar yang tersembunyi.

Pada hari pertama, kita telah mempelajari konsep KEI (Keyword Effectiveness Index) dimana kita mendapat kesimpulan bahwa semakin besar angka KEI anda maka semakin besar kesempatan anda untuk terlihat di SERP.

Riset Perilaku Pencari Informasi
  1. Stop berpikir tentang kata kunci
  2. Utilisasi KEI secara maksimal
  3. Fokus kita sekarang adalah target pasar yang benar-benar membutuhkan dan bagaimana perilaku pencarian mereka
  4. Kita harus praktekan membangun keahlian berpikir lateral dan berhenti berburu kata kunci
Bagaimana menemukan tren berdasarkan perilaku (behavioral trends). Satu hal yang paling penting dalam melakukan riset perilaku adalah bekerja menggunakan sebuah "akar kata". Pikirkan sebuah akar kata sebagai sebuah kata yang mungkin bagian dari sebuah kata frase lengkap yang sering gunakan oleh para pelaku pencarian.

Dengan menggunakan sebuah kata tunggal akar kata, anda memberikan kesempatan mesin cari (search engine) untuk membantu mengisikan bagian-bagian yang hilang untuk anda. Jika anda memilih sebuah kata terhubung (hubungan kata-kata) dengan sebuah aksi yang berhubungan dengan perilaku (behavioral related action) dan memotongnya untuk mendapatkan satu kata tunggal, maka dengan tehnik ini anda sudah membuka ide-ide cemerlang dan sesuai dengan tren yang tepat.

Contoh-contoh kata kunci
  1. Jual
  2. Beli
  3. Wanita
  4. Pria
  5. Pakaian
  6. Baju
  7. Bunga
  8. Diskon
  9. Bonus
  10. Grosir
  11. Kesehatan
  12. Makanan
  13. Minuman
  14. Dan lainnya
Contoh implementasinya adalah, misalkan anda mengambil topik tentang "Kesehatan". Beberapa contoh kata kunci yang harus juga dieksplorasi adalah Gejala, Pengobatan, Penyembuhan, Referensi Medis, dan lain-lain. Anda juga bisa mencarinya pada nama-nama spesifik derita yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Kita juga bisa menyebutkan beberapa produk yang mendukung pengobatannya.

Beberapa Poin Yang Juga Harus Dipertimbangkan
  1. Gunakan kata-kata slang atau istilah-istilah yang sedang populer
  2. Pikirkan penggunaan kata-kata sinonim
  3. Gunakan thesaurus untuk memperluas scope kata kunci akar
  4. Pemakaian singkatan-singkatan yang umum dipergunakan juga bisa menjadi pilihan kata yang bagus
Cara termudah untuk menemukan industri Anda sendiri atau perilaku topik khusus adalah untuk mulai dengan berpikir lateral tentang perilaku yang mungkin. Ingatlah untuk memecahnya jika mungkin, untuk sebuah kata kerja akar tunggal terkait. 

Coba kata kunci akar yang tidak logic, perhatikan frase-frase yang terbentuk yang membicarakan sebuah cerita tentang pencarian yang dibutuhkan. Hal ini mungkin membuka tren yang sesungguhnya. Bahkan mungkin menggali insight yang benar-benar dilakukan oleh pencari berdasarkan perilakunya.