Hari II - Strategi Linking

Strategi Linking Internal dan Eksternal

Membangun tautan (Link Building) adalah langkah penting untuk website Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa situs Anda adalah penting bagi orang lain. Banyak hal yang harus dikerjakan dalam membangun link. Anda bisa memulainya dari:
  1. submit ke direktori-direktori, 
  2. berpartisipasi dalam forum, 
  3. bertukar link dengan blog atau website lain, 
  4. membuat press-release, 
  5. aktif dalam social media, social networking, social bookmarking dan sebagainya, 
  6. meminta orang lain menulis review, dan lain-lain.
Kreatifitas sangat menentukan dalam membangun link building namun perlu diingat bahwa kita harus memahami rambu-rambu atau petunjuk cara melakukannya.

Tentang Direktori
  • Pastikan website Anda terbangun dengan sempurna. Semua konten, grafik dan link-link bekerja dengan baik. Tidak dianjurkan jika Anda hanya memiliki 1 atau 2 halaman saja dalam sebuah situs.
  • Jangan Oversubmit
  • Jangan menulis judul atau deskripsi dengan huruf Capital semua
  • Jangan mendaftarkan serial keyword Anda untuk title dan description
  • Jangan menggunakan superlative ketika submit
  • Hati-hati dalam submit domain yang mirim dengan fokus umum yang sama
  • Tambahkan copyright notice pada bawah halaman
  • Tambahkan informasi kontak seperti telpon, fax, email, form inquiry, dll
  • Hubungi editor atau webmaster. Cobalah untuk mengatakan hal-hal baik kepada mereka
  • Pastikan Anda submit pada kategori atau sub kategori yang tepat 
  • Lengkapi seluruh formulir submission 
  • Jangan submit  situs afiliasi dengan maksud menjual barang afiliasi
  • Pastikan bahwa submission Anda tidak mengandung salah eja atau grammatical error


Strategi Link Eksternal 
Mulailah dengan menulis konten yang baik dan bisa memancing link. Anda juga bisa melakukan barter link pada situs-situs yang berelevansi bagus dengan situs Anda. Diskusi melalui forum bisa berguna ketika Anda bisa berpartisipasi aktif dengan tidak lupa menempatkan link pada signature anda. Mendaftarkan situs pada Asosiasi Perdagangan juga adalah salah satu hal yang baik dilakukan untuk membangun link eksternal.

Menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya dan menulis konten yang berhubungan dengan hal tersebut adalah tehnik terbaik untuk memancing ketertarikan pengunjung dan mulai memahami Anda dan merasa aman bertransaksi melalui online. Bangun sebuah blog dan postinglah secara teratur. Dapatkan kelebihan social media untuk menyebarluaskan karya-karya Anda.

Kreatiflah dan bangun cara-cara alternatif dalam membangun Gain Exposure (sudut pandang yang menghasilkan). Pastikan Anda membangun popularitas tautan (link popularity) pada tiap-tiap halaman. Tulis testimonial pada suatu produk atau jasa yang berhubungan dengan Industri yang sama.