Thursday, April 7, 2011

Top 10 Kesalahan Desain Web

Top 10 Kesalahan Desain Web

Situs yang semakin baik adalah menggunakan desain minimalis, memelihara arsip, dan menawarkan layanan yang komprehensif. Namun, kemajuan ini menimbulkan masalah dalam penggunaannya, beberapa kesalahan-kesalahan desain website yang harus diperbaiki.

Berikut daftar sepuluh cara website yang telah sangat mengganggu baru-baru ini.

1. Tidak Jelas Tujuan Pernyataan
Banyak perusahaan, terutama dalam industri teknologi tinggi, menggunakan bahasa yang samar-samar atau umum untuk menggambarkan tujuan mereka. Mengaburkan fakta dasar ini membuat lebih sulit bagi pengguna untuk menginterpretasikan informasi situs web dan jasa.
Model mental yang kuat bisa tumbuh dari biji yang kecil, karena setiap elemen desain tambahan menambah pemahaman yang ada pengguna dari sebuah situs. Namun, banyak situs membuat model mental buram dalam pikiran pengguna karena mereka gagal untuk menawarkan satu fakta keras bahwa pengguna harus menempatkan fakta-fakta lain dalam konteks yang tepat.

2. URL Baru untuk Konten Arsip
Arsip menambah nilai substansial ke situs dengan usaha ekstra sangat sedikit. Meskipun situs semakin banyak pengarsipan konten tua, sebagian besar situs masih gagal menjaga arsip yang baik. Beberapa situs memperlakukan arsip sebagai kawasan situs yang terpisah, menempatkan halaman URL baru ketika mereka bergerak mereka dari area utama ke dalam arsip.

Mengubah URL saat pengarsipan konten linkrot penyebab. Hal ini juga membuat situs lain enggan untuk link ke Anda. Meskipun situs mungkin mempertimbangkan untuk menghubungkan sebuah artikel saat ini, jika mereka telah dibakar oleh linkrot di masa lalu, mereka sering akan berlalu begitu saja karena mereka tidak mau repot dengan harus memperbarui halaman mereka sendiri ketika Anda bergerak Anda.

3. Konten tidak Bertanggal
Tanpa tanggal pada artikel, siaran pers, dan konten lainnya, pengguna tidak tahu apakah informasi tersebut update atau usang. Hal yang sangat bagus untuk menjaga konten dalam arsip.
The Alertbox, misalnya, mendapatkan 80% dari pembaca untuk kolom tua, yang pembaca terus menemukan berguna.
Tetapi beberapa fakta dan rekomendasi sangat tergantung tanggal, seperti ketika saya menyarankan menggunakan versi tertentu dari sebuah paket perangkat lunak untuk dua tahun lagi. Jelas, maksud saya dua tahun dari hari artikel ini ditulis, jika pembaca tidak dapat melihat tanggal, mereka tidak akan tahu bagaimana mengikuti rekomendasi.

Seorang pengguna dihadapkan kesalahan serupa dalam pengujian terakhir kita tentang bagaimana investor dan wartawan bisnis menggunakan hubungan investor bidang website perusahaan. Pengguna menemukan item berita melalui mesin pencarian situs dan penggunaan aset tersebut untuk mengevaluasi prospek saat ini perusahaan bisnis. Boleh, kecuali bahwa item tersebut sudahberumur beberapa tahun yang lalu. Mesin pencari telah mencatatkan tanggal menyesatkan untuk artikel ini - mungkin saat berkas telah dipindahkan atau memiliki kesalahan ketik tetap.

Mesin pencari di situs saya sendiri memiliki masalah yang sama: ia bergantung pada tanggal file-modifikasi sistem operasi bukan tanggal isi ditulis. Akibatnya, saya mematikan fitur tanggal pada daftar hasil pencarian. tanggal tersebut dapat sangat berguna, tetapi mereka lebih baik dari kerusakan jika pengguna tidak dapat mempercayai mereka. Tentu saja, solusi ideal adalah untuk mendapatkan sistem manajemen konten yang feed tanggal authoring ke mesin pencari.

4. Thumbnail Yang Sangat Kecil Untuk Gambar Besar
Adalah hal yang bagus bahwa situs web sekarang menggunakan gambar yang lebih kecil. Menghindari desain gelembung masa lalu sehingga berkurangnya waktu download dan informasi bertambah kaya. Ini juga baik ketika link situs gambar kecil untuk gambar yang lebih besar, sehingga pengguna memiliki pilihan untuk melihat gambar lebih terinci.

Masalah utama di sini adalah bahwa website biasanya menghasilkan gambar kecil dengan hanya skala bawah gambar yang lebih besar. Jika sebuah foto asli memiliki banyak detail yang rumit, thumbnail sering tidak bisa dimengerti.

Saat menggunakan foto di Web:
  • Masukan orang lebih sedikit dan objek, dalam pengaturan rumit kurang dari yang Anda lakukan untuk foto dimaksudkan untuk cetak.
  • Tekankan bidikan close-up dengan latar belakang bersih
  • Gunakan relevance-enhanced image reduction ketika mempersiapkan foto kecil dari yang besar.
  • Jangan hanya merubah ukuran; gambar pertama harus fokus pada elemen menonjol dan sederhana
5. Terlalu Rinci pada ALT Teks
Banyak situs telah mulai memperhatikan pengguna yang memiliki keterbatasan dan mengikuti panduan aksesibilitas, seperti termasuk teks ALT untuk gambar. Sayangnya, beberapa situs tidak menyadari bahwa teks ALT elemen antarmuka pengguna, bukan pernyataan kebenaran politik.

Teks ALT harus membantu pengguna buta (dan orang lain yang tidak dapat melihat gambar) menavigasi dan mengoperasikan situs. Teks ini harus menjelaskan arti gambar untuk interaksi dan apa yang pengguna perlu tahu mengenai gambar yang menggunakan situs yang paling efektif. Tidak perlu untuk menjelaskan detail visual yang tidak relevan.

Dibutuhkan sebuah layar membaca dan waktu yang lama untuk membaca banyak kata-kata, dan deskripsi yang berlebihan membuat lebih sulit bagi pengguna untuk memilih informasi penting: sederhanakan grafik adalah link ke homepage. Pendek itu baik ketika menulis untuk Web, itu lebih baik ketika menulis untuk pembaca.

6. Tidak Ada Dukungan "Bagaimana-Jika"
Membandingkan dan memilih antara alternatif merupakan dasar tugas web yang paling penting, namun kebanyakan situs web tidak mendukung tatap muka agar pengguna dapat mempertimbangkan alternatif.

Bagaimana jika saya ingin melakukan perjalanan keluar Minggu bukan hari Sabtu? Bagaimana yang akan mempengaruhi harga tiket pesawat saya?
Pada sebagian besar situs perjalanan, satu-satunya cara untuk menjawab pertanyaan ini adalah untuk mulai lagi dari layar pertama dan rencana perjalanan yang sama sekali baru, kehilangan semua pekerjaan yang diperlukan untuk membangun jadwal pertama Anda.

Bagaimana jika saya ingin mesin fotokopi warna daripada sebuah monokrom, tapi aku puas dengan semua atribut lain dari mesin fotokopi monokrom Saat ini saya melihat? Dapatkah saya menavigasi oleh atribut dan perubahan hanya satu parameter? Biasanya tidak.

Beberapa situs web membiarkan user memilih beberapa produk dan melihat tabel perbandingan, tetapi tabel seperti itu biasanya memiliki kegunaan rendah dan tidak memperlihatkan perbedaan paling penting antara produk.

7. Daftar Panjang yang Sulit Dikategorikan
Pada periode sebelumnya situs Web menawarkan satu atau dua hal. Sekarang hal yang biasa untuk menemukan situs dengan ribuan atau jutaan item. Bagus sekali, tetapi hal ini berarti bahwa listing item seringkali sangat panjang dan sulit untuk digunakan.

Salah satu pedoman kegunaan utama halaman kategori adalah membiarkan pengguna mendapatkan item terpisah sesuai dengan atribut kepentingan. Untuk "pemisah" daftar pada dasarnya berarti untuk menyaring unsur-unsur yang tidak memenuhi kriteria tertentu, meninggalkan sebuah daftar pendek yang lebih mudah untuk mengelola dan memahami.

Kategori tepat membutuhkan empat hal.
  • Situs harus mendukung kategori di tempat pertama, dan sebagian besar tidak.
  • Atribut kategori harus masuk akal bagi pengguna daripada yang sangat teknis atau perusahaan-internal (misalnya, menggunakan nomor bagian, meskipun mereka mungkin ditawarkan untuk pencarian jika pelanggan tahu persis apa yang mereka inginkan).
  • Kriteria harus membedakan produk yang menarik dari orang-orang pengguna ingin diabaikan.
  • Akhirnya, tentu saja, user interface yang mengendalikan proses kategori harus sederhana sehingga pengguna dapat memfokuskan perhatian mereka pada atribut dan listing, bukan pada mekanisme operasi situs.
8. Produk Diurutkan Hanya dengan Brand
Situs yang menawarkan banyak item harus menyediakan kategori dan pemilahan, yang merupakan cara yang sangat berguna untuk berurusan dengan daftar dan untungnya cukup umum. Sayangnya, banyak situs hanya membiarkan item pengguna mengurutkan berdasarkan merek. Sehingga Anda dapat menemukan, katakanlah, semua produk Armani, tapi tidak semua sweater merah.

Untuk mendukung menyortir menurut atribut yang menarik bagi pengguna, pertanyaan pertama jelas adalah "Apa yang dinilai dari sebuah atribut oleh pengguna?" Jawaban akan berbeda menurut kategori produk, tetapi menurut penelitian, pengguna dapat membantu Anda menemukan mereka, seperti seorang sales yang hebat.

9. Terlalu Membatasi Formulir Masuk
Letakkan beban pada komputer, bukan manusia. Hal ini memungkinkan pengguna memasukkan data dalam format yang mereka inginkan.
Dua cara yang umum tidak adil membatasi pengguna:
  • Pilih-pilih, terlalu bentuk-bentuk khusus
  • Memisahkan apa pengguna lihat sebagai satu bagian dari informasi ke dalam beberapa bidang berarti bahwa pengguna harus membuang waktu memindahkan kursor. 
Sebuah contoh khas adalah ketika bentuk-bentuk meminta pengguna untuk nama-nama mereka pertama dan terakhir sebagai dua item, bukan hanya membiarkan pengguna memasukkan nama lengkap mereka dalam bidang tunggal, yang jauh lebih cepat untuk mengetik.

Setiap entri fied teks yang mengharuskan pengguna untuk mengetik informasi dengan cara yang secara alami bisa menyebabkan iritasi. Banyak situs, misalnya, memaksa pengguna untuk memasukkan nomor kartu kredit sebagai 1234567890123456, daripada membiarkan mereka ada spasi antara kelompok-kelompok dari empat digit, yang secara signifikan mengurangi risiko kesalahan. Demikian pula, beberapa situs tidak akan membiarkan pengguna memasukkan nomor telepon dengan tanda kurung di sekitar kode area, walaupun orang banyak menggunakan tanda kurung tersebut.

Pengujian kami menunjukkan bahwa kaum manula sangat dirugikan ketika format sebuah website adalah berbeda dari format yang sudah terbiasa oleh mereka gunakan selama bertahun-tahun.
Membatasi data entry juga menyebabkan masalah internasional, karena satu format sebuah negara berbeda dengan format negara lain.

10. Link-link Yang Tidak Masuk Akal
Banyaknya link yang dibuat terlalu mengada-ada. Hal ini penting untuk semua halaman, bukan hanya homepage.

1 comment:

  1. Mengenai thumbnail klu blog saya termasuk yg seperti dikatakan diatas gak gan ????

    ReplyDelete

Silahkan komen dengan sopan